FGD : GRAND DESIGN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN PENELITIAN DAN LABORATORIUM PELAYANAN FAKULTAS KEDOKTERAN

FGD : GRAND DESIGN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN PENELITIAN DAN LABORATORIUM PELAYANAN FAKULTAS KEDOKTERAN

Fakultas Kedokteran UPN “Veteran” Jawa Timur mengadakan kegiatan Focus Group Discussion Grand Design Dan Strategi Pengembangan Penelitian Dan Laboratorium Pelayanan Fakultas Kedokteran pada tanggal 7-8 Mei 2024 di Hotel Bumi Surabaya. Kegiatan FGD ini merupakan kegiatan pertama dari serangkaian Program REVITALISASI yang didapatkan oleh Fakultas Kedokteran UPNVJT. Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara, acara resmi dibuka oleh Prof. dr. Hj. Rika Yuliwulandari, M.Hlt.Sc.,Ph.D, Sp.KKLP, Subsp.FOMC selaku Dekan FK UPNVJT. Harapannya, acara ini dapat mengarahkan FK UPNVJT dalam mendirikan laboratorium pelayanan yang saat ini masih dalam tahap perencanaan.

Hari pertama diisi dengan pemaparan mengenai cluster penelitian FK UPNVJT, rencana pembentukan lab pelayanan FK UPNVJT serta rencana pembukaan lab pelayanan biologi molekuler. Diskusi didampingi oleh para stakeholder antara lain Prof. Maria Inge Lusida, M.Kes., Sp.MK(K), Ph.D. (Kepala Institute Tropical Disease(ITD) UNAIR), perwakilan dari RSUD Moh. Saleh Probolinggo yang terdiri dari dr. Utoyo Sunaryo, Sp.S, dr. Intan Sudarmadi, Sp.S, dan dr. Trisno Fajar Nursanto, Sp.U, M.MRS, Perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Perwakilan dari  Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Perwakilan dari BPBD Kota Surabaya, serta Dr. Akhmad Muzammil, S.ST., M.T sebagai perwakilan dari RS Haji Surabaya. Banyak masukan yang disampaikan untuk menunjang kelancaran pembentukan lab pelayanan diantaranya memastikan kesiapan SDM dan memperbanyak peran dosen serta mahasiswa.

Hari kedua diisi dengan diskusi mengenai SOP Pelayanan dan Penelitian di FK UPNVJT. Diskusi dibagi sesuai dengan topik penelitian dan dilanjutkan dengan pemaparan roadmap yang akan menjadi dasar pengembangan kedepannya. Setelah melalui diskusi dan pertimbangan, juga memperhatikan saran dan masukan dari stakeholder, maka dilakukan pengesahan Roadmap Penelitian FK UPNVJT yang juga menandai berakhirnya acara FGD kali ini. (FK)